Mobil merupakan transportasi darat yang hingga saat ini masih digunakan oleh seluruh masyarakat. Karena kegunaannya sendiri, banyak orang yang rela membeli mobil baru ataupun bekas untuk mempermudah aktivitas sehari-hari.

Selain digunakan untuk pribadi, nyatanya mobil juga dapat digunakan sebagai modal untuk mendapatkan uang, mulai dari membuka jasa rental mobil hingga menggadaikan BPKB mobil. Umumnya setiap orang yang mencoba menggadaikan BPKB mobil sebagai modal untuk mendapatkan uang, alasannya tentu karena membutuhkan uang dalam kondisi yang mendesak.

Namun perlu diingat akan konsekuensi yang didapat ketika Anda melakukan gadai BPKB mobil, seperti harus membayar cicilan tiap bulannya. Hal ini berarti Anda juga harus menyiapkan uang untuk membayar cicilan tersebut.

Memang dapat dikatakan mengajukan jaminan BPKB mobil terbilang mudah. Pasalnya, Anda hanya diminta untuk mengajukan data diri seperti KTP/SIM, Karu Keluarga (KK), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta salinan dari semua dokumen tersebut.

Nilai dari harga gadai mobil inilah yang membuat orang memilih menggadaikannya ketimbang motor, karena harga gadai mobil yang tinggi. Namun, besar kecilnya nominal gadai tentunya berdasarkan dari merek, tahun produksi, dan jenis dari mobil itu sendiri.

Akan tetapi, bila Anda memang dalam keadaan mendesak dan membutuhkan uang cepat maka tak ada salahnya untuk mencoba menjamin BPKB mobil yang Anda miliki. Meski syarat yang diperlukan terbilang mudah, ada beberapa hal yang juga harus Anda perhatikan sebelum mengajukan jaminan BPKB mobil tersebut. Simak, penjelasannya berikut ini :

Cek Kelengkapan Dokumen

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengajukan BPKB mobil sebagai jaminan gadai ialah kelengkapan dokumen dari mobil itu sendiri. Tak terkecuali riwayat dari kondisi pajak yang Anda miliki. Salah satu hal utama yang menjadi pertimbangan lembaga gadai ialah dokumen yang lengkap dan riwayat pajak Anda yang baik. Jadi sebelum mengajukan jaminan BPKB mobil, ada baiknya Anda untuk mengecek kelengkapan dokumen yang dimiliki. Jangan sampai niat untuk menggadai BPKB yang dimiliki menjadi sia-sia.

Memilih Tempat Gadai yang Terpercaya

Lalu, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ialah mencari tempat penggadaian yang aman dan terpercaya. Ini wajib dilakukan untuk menghindari kerugian yang akan terjadi. Anda bisa memilih bank, Perum Pegadaian, ataupun perusahaan leasing yang pastinya telah terjamin kualitasnya dengan standar keamanan yang baik. Sehingga bila terjadi hal yang tidak diinginkan, pihak penggadai bisa bertanggung jawab.

Perhitungkan Bunga yang Dikenakan

Selanjutnya yang perlu Anda ketahui sebelum menjamin BPKB mobil Anda adalah besaran bunga yang dikenakan. Karena besaran bunga tiap lembaga itu berbeda, sehingga Anda harus mampu membandingkan satu lembaga dengan lembaga lainnya yang menurut Anda tepat dengan kondisi keuangan. Apabila lembaga gadai memberikan nilai bunga yang cukup tinggi, yang mana melebihi 30% dari pendapatan bersih Anda, ada baiknya untuk mempertimbangkan kembali secara matang-matang.

Cek Kondisi Mobil

Sebelum mengajukan BPKB mobil, perlu Anda pastikan bahwa kondisi mobil yang dimiliki itu dalam keadaan baik atau buruk. Karena, bila kondisi mobil Anda buruk hal ini tentunya akan mempersulit proses penjaminan BPKB mobil walaupun berkas-berkas dokumen yang Anda miliki terbilang lengkap. Jadi, sebelum Anda melakukan penggadaian BPKP mobil, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu kondisi mobil, bila perlu Anda dapat membawanya ke bengkel terdekat untuk mengetahui kondisi mobil tersebut.

Perhitungkan Denda dan Sanksi yang Diberikan

Usahakan untuk membayar angsuran tiap bulan secara tepat waktu. Karena bila Anda telat dalam membayar angsuran, akan ada denda dan sanksi yang dikenakan. Jangan lupa untuk mencatat waktu pembayarannya. Selain itu, sebelum Anda mengajukan BKPB mobil sebagai jaminan, tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu pada pihak lembaga apa kemungkinan terburuk, seperti denda dan sanksi bila lupa membayar angsuran tepat waktu.

Jadi sebelum Anda akan mengajukan BPKB mobil sebagai jaminan, pastikan Anda telah membaca referensi diatas agar nantinya usaha Anda tidak sia-sia dan merugi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan referensi lainnya seputar BPKB mobil melalui laman https://www.cekaja.com/info/mau-gadai-bpkb-mobil-sebagai-jaminan-cek-syaratnya-dulu/. Di CekAja.com, Anda dapat mudah menemukan beragam informasi mengenai cara gadai mobil dengan menggunakan jaminan BPKB mobil.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Jaminan BPKB Mobil

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *