Asuransi Mobil Total Loss Only

“Bagaimana jika tidak pernah terjadi klaim kerusakan? Bukannya membuang uang percuma untuk premi asuransi?” Inilah alasan mengapa sebagian orang membeli asuransi TLO mobil daripada asuransi All Risk. Namun sebenarnya setiap jenis asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung pada pihak tertanggung untuk pandai membaca situasi dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Pengertian Asuransi Total Loss Only

Total Loss Only merupakan salah satu jenis asuransi kendaraan mobil. Meski namanya menyebutkan Total Loss, tetapi risiko yang ditanggung bukan hanya loss atau kecurian. Loss yang dimaksud dalam Total Loss Only adalah kehilangan, termasuk kehilangan fungsi normal karena kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada mobil bisa karena kecelakaan atau aksi kriminal dan kekerasan. Namun syarat utama penggantian klaim ganti rugi tersebut adalah kerusakan yang terjadi mencapai di atas 75 persen.

Dapat diartikan bahwa Asuransi Total Loss Only tidak mengcover kerusakan kecil seperti luka baret pada mobil, spion patah, bumper penyok dan kerusakan minor lainnya. Namun jika terjadi tabrakan hingga mobil ringsek tak berbentuk atau kerusakan mencapai lebih dari 75 persen maka pihak asuransi akan mengganti klaim asal pihak tertanggung mengikuti prosedur dan dokumen lengkap sesuai ketentuan.

Alasan Memilih Asuransi Total Loss Only

Sebelum memutuskan membeli premi asuransi, ada baiknya menimbang plus minus asuransi All Risk, asuransi Total Loss Only dan kombinasi antara keduanya. Pertimbangkan riwayat mengemudi, risiko pada kendaraan apakah tergolong berisiko tinggi atau sedang-sedang saja serta pertimbangan daerah tempat tinggal. Bagi pihak tertanggung yang memilih asuransi Total Loss Only, alasan utamanya adalah sebagai berikut:

1. Menyesuaikan nilai tagihan premi dengan kemampuan finansial

Daripada mobil tidak ada proteksi, lebih baik memilih asuransi Total Loss Only

2. Menjadi faktor pendorong lebih berhati-hati dalam berkendara

Karena Total Loss Only hanya mengganti kerugian jika kerusakan mencapai lebih dari 75 persen, secara psikologis pengemudi akan lebih berhati-hati dalam berkendara. Sebab baret pada mobil karena kurang hati-hati dalam memarkir kendaraan misalnya, tidak akan diganti auransi padahal biaya pengecatan mobil kembali tidaklah murah.

Baca juga: 5 Manfaat Asuransi Mobil Yang Tidak Boleh Anda Remehkan Begitu Saja

3. Bisa mengajukan perluasan

Pihak tertanggung bisa mengajukan perluasan dengan menambah biaya premi. Kerusakan akibat bencana banjir, kerusuhan atau gempa bumi yang semula tidak ditanggung TLO bisa diganti rugi jika pihak tertanggung mengajukan perluasan. Nilai preminya lebih murah dibandingkan All Risk, tetapi risiko yang mungkin terjadi pada mobil bisa diperluas cakupannya. Besaran tarif perluasan karena musibah bencana alam ini dibedakan berdasarkan wilayah.bearnya berkisar antara 0.05 persen hingga 0.1 persen tergantung pada kondisi daerah apakah termasuk rawan bencana banjir atau tidak.

Agar lebih paham mengenai Asuransi TLO mobil, silahkan membaca secara teliti https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan,Pertimbangkan apakah sebaiknya mengajukan perluasan atau tidak sesuai dengan kondisi daerah.

Asuransi Mobil Total Loss Only

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *