Begini Caranya Agar Rutinitas Mudik Tak Bikin Kantong Jebol

Rutinitas mudik memang selalu dinantikan oleh semua orang yang punya kampung halaman. Bahagia sekali rasanya bila dapat berkumpul dengan keluarga di hari istimewa. Peraturan ganjil genap saat mudik atau aturan ketat lainnya jelas tidak menghalangi niat mudik. Karena kini Anda pun leluasa memilih moda transportasi umum sesuai kebutuhan.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa mudik juga kerap membuat Anda boros. Supaya rutinitas mudik tak bikin kantong jebol, Anda wajib menyiasatinya dengan beberapa cara berikut ini:

Membuat Rencana Anggaran Sejak Jauh Hari

Rencana mudik memang patut diperhitungkan sejak jauh hari. Supaya Anda bisa menyiapkan dananya tanpa terburu-buru. Dana mudik bisa diperoleh dari tabungan khusus atau menyisihkan sebagian Tunjangan Hari Raya (THR). Anda wajib menghitung dana yang dibutuhkan untuk mudik secara cermat. Sehingga risiko boros saat mudik dapat diminimalkan.

Memilih Moda Transportasi Paling Hemat

Pilihan moda transportasi juga akan mempengaruhi pengeluaran Anda saat mudik. Misalnya, Anda yang anggota keluarganya banyak sebaiknya memilih mudik dengan mobil pribadi karena lebih hemat. Selain mobil pribadi, mudik dengan kereta api juga bisa menjadi pertimbangan. Sebab tiket moda transportasi kereta api tidak terlalu mahal dan durasi perjalanannya terbilang singkat dibandingkan mobil pribadi.

Baca juga: Manfaat Asuransi Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Giat Berburu Diskon sebelum Mudik

Orang yang akan mudik biasanya berencana membawa banyak buah tangan bagi keluarga di kampung halaman. Apakah Anda juga akan membawa buah tangan?

Bila ingin membeli oleh-oleh, luangkan waktu untuk berburu diskon sebelum mudik. Anda dapat mengunjungi pusat perbelanjaan dan mencermati produk yang dibanderol dengan harga diskon. Di samping itu, Anda juga dapat berbelanja di toko online karena diskonnya tak kalah menggiurkan dibandingkan pusat perbelanjaan.

Memanfaatkan Promo Kartu Kredit

Jika Anda terbiasa menggunakan kartu kredit, momen sebelum mudik merupakan waktu yang tepat untuk memanfaatkannya. Manfaatkanlah promo kartu kredit untuk belanja murah. Anda juga dapat menukarkan poin kartu kredit untuk memperoleh sejumlah keuntungan lainnya. Namun, Anda tetap tak boleh kalap saat belanja dengan kartu kredit. Pastikan bahwa Anda mampu melunasi tagihan kartu kredit pasca mudik. Jangan sampai utang kartu kredit menumpuk dan membebani kondisi finansial Anda.

Pastikan rencana mudik akan berlangsung lancar karena Anda sudah menyiapkan segala kebutuhannya sejak jauh hari. Pengalaman buruk saat mudik di tahun-tahun lalu pasti membuat Anda lebih teliti merencanakan mudik secara cermat tahun ini.

Dapatkan informasi selengkapnya dengan mengakses url di bawah ini.

https://www.cekaja.com/info/apa-jadinya-kalau-ganjil-genap-diberlakukan-saat-mudik-lebaran/.

Begini Caranya Agar Rutinitas Mudik Tak Bikin Kantong Jebol

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *