Selain lebih menguntungkan, membeli mobil bekas juga lebih menghemat waktu dalam proses pembelian. Terlebih, jika tujuan Anda membeli mobil bekas untuk mudik, Anda tidak perlu pusing memikirkan surat-surat yang harus diurus ke kepolisian, karena jika membeli mobil bekas, biasanya surat sudah tersedia. Nah, bila perlu usahakan mencari mobil bekas yang terjangkau, karena jika Anda mencari berbagai pilihan mobil di bawah Rp100 juta untuk mudik, Anda bisa menghemat anggaran.

Namun, perlu diperhatikan ketika hendak membeli mobil bekas, karena ada hal-hal penting yang harus dicermati para konsumen, agar Anda tidak tertipu oleh oknum pedagang mobil bekas yang nakal.

Menjelang mudik dan lebaran memang selalu menjadi momen para pedagang mobil bekas untuk mencari keuntungan, namun beberapa diantaranya masih ada yang melakukan kecurangan agar harga jual mobil bekas tetap tinggi. Salah satu hal kecurangan yang sering dilakukan oknum pedagang nakal yakni memanipulasi jarak tempuh kilometer di panel cluster. Hal tersebut dilakukan mereka agar mobil yang hendak dijual seakan-akan memiliki jarak tempuh yang rendah.

Dengan cara penjualan yang seperti itu, tentu saja akan merugikan pihak konsumen. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa cara agar bisa mengetahui apakah kilometer mobil tersebut telah diubah atau tidak.

Pabrik biasanya sudah memperhitungkan kejadian seperti ini, karena mereka telah menanamkan sebuah fitur khusus yang membuat orang lain tidak bisa membongkar, mengubah dan memanipulasi jarak tempuh sebuah mobil.

Tidak hanya jarak tempuh mobil yang bisa dimanipulasi agar mobil masih terlihat bagus dan baru, kondisi fisik mobil pun bisa diubahnya agar mobil terlihat bagus dari luar. Sebab, para konsumen termasuk Anda pastinya akan memilih mobi bekas yang kondisi fisiknya masih terlihat aman, seperti bodi mobil, cat, ban, jok dan lain-lain.

baca Juga:  Mengenal 5 Jenis Produk Asuransi yang Dapat Anda Pilih

Maka dari itu, Anda bisa memulai mengecek dari kondisi-kondisi tersebut. Seperti kondisi ban sudah botak atau masih bagus, jok mobil sudah kusam atau masih bersih, karena mobil yang sering digunakan, joknya sudah pasti akan terlihat kusam.

Selanjutnya, Anda juga bisa mengecek bagian atas mobil yang dilihat dari warna catnya. Apakah warna cat bagian atas mobil dan bodi atau samping mobil terlihat berbeda. Jika warna cat bagian atas dan samping mobil berbeda, artinya mobil tersebut sering terkena sinar matahari atau bisa juga mobil tersebut memang sering digunakan.

Nah, agar Anda terhindar dari berbagai penipuan, sebaiknya Anda jangan terlalu tergiur dengan harga mobil bekas yang terlampau murah, karena jika Anda tidak mengerti tentang mobil, bisa jadi Anda adalah orang yang mudah tertipu pedagang nakal. Anda mungkin bisa meminta bantuan rekan atau orang yang dipercaya untuk membantu Anda memilihkan mobil bekas yang aman namun harga tetap bersahabat.

Sebagai alternatif, mobil bekas berusia 5 sampai 10 tahunan namun dengan kondisi prima ini pun mungkin bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Tidak hanya prima, berikut pilihan mobil dibawah Rp100 juta yang cocok untuk dibawa mudik bersama keluarga.

1. All New Kia Picanto (2012-2014)

Mobil pabrikan Korea Selatan ini sempat menguasai pasar otomotif. Salah satu keluaran yang paling diincar adalah All New Kia Picanto tahun 2012-2014.

Fitur yang dimiliki All New Kia Picanto ini juga lengkap, dimulai dari power window, banyaknya ruang untuk barang, foot rest hingga velg two tone. Kabar baiknya lagi, mobil tersebut hanya dibanderol sekitar Rp80 juta saja.

2. Mitsubishi Mirage (2012-2014)

Lalu, ada Mitsubishi Mirage yang juga tak kalah diunggulkan. Mobil produksi Jepang itu memiliki desain khas city car yang dinamis.

Soal mesin, mobil ini memiliki dapur pacu 1193 cc hemat bahan bakar, bodi ringan, suspensi empuk, power window hingga automatic climate control. Untuk keluaran 2012-2014, kamu bisa mendapatkan mobil ini seharga Rp90 jutaan.

3. Suzuki Swift (2006)

Desain sporty adalah ciri khas Suzuki Swift. Meski sudah berumur lebih dari 10 tahun, mobil ini tetap memiliki performa mesin yang tangguh sebesar 1.586 cc.

Untuk interiornya sendiri, Swift berkabin cukup luas. Sedangkan kemanannya juga sudah dilengkapi dengan air bag. Adapun daya tarik lain yang diberikan yakni irit bahan bakar. Harga mobil ini pun masih di bawah Rp100 juta.

4. Toyota Yaris (2007)

Toyota bak mobil sejuta umat. Suku cadang dan layanan bengkel resmi yang mudah dijangkau menjadi salah satu alasannya.

Wajar kalau harga jual setiap mobil keluarannya tak cepat merosot. Toyota Yaris tahun 2007 adalah tipe mobil yang masih banyak diincar.

fitur-fitur seperti air bag, power window di semua pintu hingga fog lamp sangat menggugah minat beli. Apalagi harganya kini dipatok tak lebih dari Rp80 juta.

Tidak hanya empat mobil yang bisa dijadikan perbandingan, pilihan lain mobil di bawah Rp100 juta yang cocok dibawa mudik juga masih ada, seperti Datsun Go + Tipe D, hingga Nissan Xtrail Generasi 1.

Mau tau informasi terkait pilihan mobil di bawah Rp100 juta yang cocok untuk mudik? Simak artikel selengkapnya di link berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/ini-pilihan-mobil-dibawah-rp100-juta/

Berburu Mobil Bekas Untuk Mudik? Hati-hati Dengan Oknum Pedagang Nakal

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *