April 30, 2019 cek denda dan bayar tilang

Cermat Mengemudikan Mobil saat Melewati Jalanan Rusak

Banyak kejadian tak terduga yang bisa terjadi ketika Anda mengemudikan mobil di jalan raya. Bahkan, menghindari jalanan rusak juga membuat Anda berisiko kena tilang. Akibatnya, Anda harus cek denda dan bayar tilang untuk menunaikan kewajiban sebagai pengguna jalan raya. Itulah sebabnya Anda harus lebih berhati-hati ketika mengemudikan mobil lewat jalanan rusak.

Sebaiknya Anda mencermati beberapa tips berikut ini sebelum melewati jalanan rusak dengan mobil kesayangan:

Ban Mobil Harus dalam Kondisi Prima

Anda wajib memastikan bahwa ban mobil Anda berada dalam kondisi prima bila sering melewati jalan yang rusak. Ban mobil yang teksturnya masih tebal dan bergerigi akan mendukung laju mobil. Sehingga mobil Anda tak mudah tergelincir ketika melewati jalanan rusak. Anda patut mengganti ban mobil yang sudah mulai rusak supaya mobil siap melaju lewat jalanan yang kondisinya menantang.

Mengurangi Kecepatan Mobil

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengurangi kecepatan mobil saat mulai memasuki kawasan yang jalannya rusak. Sehingga Anda lebih mudah mengatur kendali untuk menghindari bagian jalan yang rusak. Kalau Anda mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi, Anda pasti kesulitan melewati jalan rusak. Bahkan, Anda juga bisa mengerem secara mendadak yang meningkatkan risiko tabrakan beruntun.

Memperhatikan Laju Kendaraan di Depan Anda

Kendaraan yang ada di depan mobil Anda dapat dijadikan acuan untuk melewati jalanan rusak. Anda dapat memperkirakan ukuran lubang atau kondisi jalanan dari gerakan kendaraan tersebut. Jika jarak Anda dan kendaraan di belakang masih jauh, Anda punya jeda waktu yang cukup untuk menghindari lubang. Sebaliknya, jarak dengan kendaraan belakang yang relatif dekat membuat Anda hanya bisa memperlambat laju mobil sewaktu melintasi jalan yang berlubang.

Baca juga: KIA New Picanto, Pilihan Mobil Di Bawah Rp100 Juta

Hindari Lubang yang Terlalu Dalam

Lubang yang terlalu dalam sebaiknya tidak dilewati ketika Anda mengemudikan mobil. Karena lubang tersebut berisiko membuat ban mobil jadi slip dan sulit dikendalikan. Anda juga harus teliti mengenali lubang yang terisi genangan air. Alangkah lebih baik bila Anda melewati bagian jalan yang tidak tergenang air. Karena Anda pasti kesulitan mengukur kedalaman lubang yang terisi air.

Memegang Setir dengan Mantap

Anda wajib memegang kemudi kuat-kuat saat melewati jalanan rusak. Karena guncangan mobil akan semakin kuat dan rentan mengganggu kendali Anda. Kalau Anda memegang setir dengan mantap, maka Anda bisa melakukan manuver secara mudah. Laju mobil pun akan tetap stabil dan tak mudah berbelok ke sembarang arah.

 

Anda tak perlu takut bila harus melewati jalanan rusak. Lakukan secara perlahan-lahan agar mobil Anda bisa melaju aman dan tidak mengalami kerusakan akibat kondisi jalan rusak tersebut. Informasi mengenai Cek Denda dan Bayar Tilang, bisa Anda dapatkan dengan mengakses url di bawah ini.

https://www.cekaja.com/info/kena-razia-begini-cara-cek-denda-dan-bayar-tilangnya/.

Satu tanggapan untuk “Cermat Mengemudikan Mobil saat Melewati Jalanan Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *