Mei 3, 2019 Mobil di bawah 100 juta

Merawat Mobil Tua Tidak Sulit Asalkan Anda Mengetahui Caranya

Mobil tua selalu memiliki tempat tersendiri di hati para kolektornya. Memang sih saat ini banyak produk mobil di bawah 100 juta rupiah yang canggih dan fiturnya lengkap. Namun, hal tersebut tak jadi halangan untuk mengoleksi mobil tua. Mobil baru yang murah cocok digunakan berkendara jarak jauh. Sedangkan mobil tua tetap diandalkan untuk urusan hobi dan gaya.

Merawat mobil tua sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Beberapa cara sederhana berikut ini bisa dilakukan agar performa mobil tua tetap lincah di jalan raya:

Mengendarai Mobil Tua secara Teratur

Kondisi mobil tua akan senantiasa baik bila Anda rutin mengendarainya. Jangan hanya menyimpan mobil tua di garasi saja. Mobil tua yang masih layak pakai sebaiknya dikendarai secara rutin minimal setengah hingga satu jam. Mengendarai mobil tua akan membuat mesin dan komponen lainnya aktif bekerja. Sehingga risiko kerusakan mobil pun dapat diminimalkan.

Mencabut Kepala Aki saat Mobil Tidak Digunakan

Jika mobil tua tidak digunakan lebih dari dua hari, sebaiknya Anda melepas bagian kepala akinya. Sehingga aliran listrik dari aki berhenti dan dapat memperpanjang usia aki. Kendati demikian, Anda tetap harus memasang kepala aki dan memanaskan mobil beberapa hari sekali untuk menjaga stabilitas sistem kelistrikan mobil.

Baca juga: 5 Biaya Ini Rentan Bikin Anda Boros Bila Memiliki Mobil Pribadi

Rutin Mengganti Oli Mobil

Mobil baru saja membutuhkan penggantian oli secara rutin. Apalagi mobil tua yang risiko kerusakan mesinnya lebih besar. Usahakan untuk mengganti oli mobil secara teratur setiap beberapa bulan sekali. Siapkan budget yang memadai agar bisa menggunakan oli berkuaitas untuk melindungi performa mesin mobil.

Cermat Membersihkan Body dan Kabin Mobil

Mobil tua akan tampak lebih menarik jika bagian body dan kabinnya selalu bersih. Anda harus membersihkannya secara cermat dan mengidentifikasi kerusakan kecil yang terjadi pada bagian tertentu. Bila ada gejala keropos atau kerusakan lainnya, Anda harus segera menanganinya secara intensif. Supaya kerusakan tersebut tidak meluas ke bagian mobil yang lainnya.

Menggunakan Sarung untuk Melindungi Body Mobil

Penggunaan sarung (cover) memang disarankan untuk melindungi body mobil. Namun, Anda mesti melakukannya secara tepat agar tidak merusak body mobil. Jangan menutupi mobil dengan sarung saat mobil dalam keadaan basah. Parkirlah mobil tua di tempat teduh dan pastikan bahwa permukaannya sudah kering. Barulah Anda bisa menutupi mobil tersebut dengan sarung agar terhindar dari debu dan kotoran lainnya.

Pengalaman merawat mobil tua akan membuat Anda lebih telaten dan sabar. Mobil tua kesayangan Anda pun akan tampak seperti baru jika dirawat sepenuh hati. Dapatkan informasi selengkapnya tentang Mobil di Bawah 100 juta dengan mengakses url di bawah ini.

https://www.cekaja.com/info/ini-pilihan-mobil-dibawah-rp100-juta/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *