April 25, 2019 Simulasi Pembayaran Biaya Tahunan Asuransi Mobil

Simulasi Pembayaran Biaya Tahunan Asuransi Mobil

Biaya tahunan asuransi mobil pada setiap perusahaan asuransi mobil pasti berbeda-beda. Hal inilah yang dapat mempengaruhi simulasi asuransi. Selain itu juga, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi simulasi asuransi mobil, seperti harga mobil, tahun mobil, harga dari risiko perluasan, serta tarif premi per tahun yang diberikan dari setiap perusahaan asuransi. Di Indonesia kisaran tarif premi adalah 1,5% sampai 3,5% per tahun sedangkan, tarif resiko perluasan berkisar 0,5% sampai 1%.

Banyak orang yang belum mengetahui dan menyadari betapa pentingnya asuransi mobil. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang belum mengetahui fungsi dan juga manfaat yang diberikan, serta bingung mengenai perhitungan biaya preminya. Premi asuransi sebenarnya sudah diatur sesuai hukum yang berlaku berdasarkan surat edaran Nomor 21/SEOJK.05/2015 dari Otoritas Jasa Keuangan. Ada dua jenis asuransi dan dapat mempengaruhi biaya tahunan asuransi mobil.

Alasan Mengapa Memerlukan Asuransi Mobil

Beberapa orang menganggap asuransi mobil itu tidak penting dan ada juga beberapa orang yang menganggap bahwa asuransi mobil sangat bermanfaat. Di jaman yang serba modern ini hampir setiap orang pasti memiliki kendaraan bermotor. Semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, membuat bisnis asuransi jiwa semakin berkembang. Kesadaran masyarakat di Indonesia pun untuk berasuransi semakin meningkat.

Dengan adanya asuransi ini dapat memberikan dukungan dalam meminimalkan kerugian ketika Anda mengalami suatu musibah atau kecelakaan saat berkendara. Manfaat membeli asuransi mobil akan jauh lebih besar daripada jumlah premi yang Anda bayarkan. Asuransi mobil sangat penting bagi setiap pemiliknya. Terdapat dua jenis asuransi mobil yaitu Total Lost Only (TLO) dan All Risk/Comprehensive. keduanya ditujukan untuk melindungi Anda dari kerugian, namun cakupan perlindungan antar kedua asuransi tersebut berbeda.

Anda bisa memilih asuransi kendaraan tersebut dengan menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi biaya tahunan asuransi mobil yang harus Anda keluarkan. Terdapat premi yang harus Anda bayar untuk membeli asuransi. Besaran premi yang Anda bayar akan menentukan seberapa jauh batas kerugian yang Anda alami nantinya. Pada umumnya asuransi itu baik, tetapi untuk memilihnya Anda harus banyak mempertimbangkan hal lain.

Biaya Tahunan yang Harus Dibayarkan

Saat ini ketentuan premi telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan. Aturan tersebut tertera dalam Surat Edaran OJK dengan Nomor: SE-06/D.05/2013 tentang Penetapan Tarif Premi, besaran premi tergantung dimana wilayah kendaraan tersebut beroperasi. Wilayah I yaitu meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya; Wilayah II yang meliputi Jakarta, Banten dan Jawa Barat; serta Wilayah III untuk semua daerah di Indonesia yang tidak termasuk ke dalam kategori Wilayah I dan II.

Selain wilayah, pertimbangan lain yang menentukan besarnya premi ialah harga jual kendaraan. semakin mahal harga sebuah kendaraan, maka semakin kecil persentase preminya. Perusahaan asuransi juga wajib memberlakukan premi tambahan sebagai biaya risiko minimal sebesar 300 ribu rupiah per kejadian. Misalnya Andi yang tinggal di Jakarta baru saja membeli sebuah mobil seharga 200 juta. Karena tidak mau mengambil risiko kerusakan atau kehilangan, dia mengasuransikan mobilnya dengan TLO.

Inilah perhitungan preminya yang sesuai dengan peraturan OJK di atas:

  • Premi asuransi TLO untuk harga mobil dengan kisaran 125 juta sampai 200 juta di Jakarta adalah 0,44 sampai 0,53 persen.
  • Kemudian pihak asuransi mobil menerapkan premi sebesar 0,49 persen
  • Maka perhitungannya = 0,49 persen x 200 juta = 980 ribu

Simulasi Pembayaran Biaya Tahunan

Cara menghitung biaya tahunan asuransi mobil Anda, sebagai contoh ketika Anda mempunyai sebuah mobil baru tahun 2014 dengan perkiraan harga sekitar 140 juta rupiah. Anda akan mengasuransikan mobil anda dengan perlindungan All Risk/Comprehensive ditambah dengan biaya perluasan jaminan tsunami, banjir, kerusuhan, dan terorisme.

  • Harga mobil baru tahun 2014 Rp 145.000.000,00
  • Premi murni = Rp 145.000.000,00 X 2,50 % = Rp 3.625.000,00
  • Perluasan:

Tsunami = Rp 145.000.000,00 X 0,15 % = Rp 203.250,00

Banjir = Rp 145.000.000,00 X 0.35 % = Rp 474.250,00

Kerusuhan = Rp 145.000.000,00 X 0,35 % = Rp 474.250,00

Terrorisme = Rp 145.000.000,00 X 0,15 % = Rp 203.250,00

  • Kemudian semua hasilnya dijumlahkan sehingga harga simulasi asuransi mobil yang harus Anda bayar pertahun ialah Rp 4.980.000,00.

Jika Anda Ingin mendapat info menarik seputar asuransi mobil Anda, Segera kunjungi https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan. Kami dapat membantu memenuhi kebutuhan Anda. dengan informasi yang lengkap seputar asuransi mobil yang lengkap dengan daftar harga dan biaya apa saja yang harus Anda keluarkan. Untuk mengetahui informasi selanjutnya mengenai biaya tahunan asuransi mobil Anda, Anda bisa bergabung bersama kami dengan mengunjungi website kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *