Tips Aman Berkendara dengan Asuransi Dana Tunai Kendaraan Bermotor

Asuransi dana tunai kendaraan bermotor merupakan langkah aman yang amat direkomendasikan jika Anda memiliki kendaraan pribadi. Kondisi di jalanan membuat kita tidak tahu resiko apa yang bisa saja muncul setiap harinya. Dengan mendaftarkan kendaraan ke asuransi, otomatis segala kemungkinan yang tidak diinginkan bisa tertangani dengan lebih baik. Anda akan lebih terbantu dengan asuransi.

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan program asuransi kendaraan bermotor, baik itu yang beroda dua maupun yang beroda empat. Namun, permasalahannya adalah tidak semua perusahaan itu bisa memberikan apa yang Anda inginkan. Berbagai layanan yang disediakan mungkin tergolong sudah baik, namun di samping itu masih terdapat banyak pilihan yang jauh lebih baik.

Melakukan perbandingan antara asuransi dana tunai kendaraan bermotor dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, tentu bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan layanan asuransi paling bagus. Di internet sekarang ini sudah banyak disediakan informasi penting terkait jenis-jenis asuransi apa saja yang bagus. Selebihnya Anda bisa mencari tahu dari sumber yang lebih absah, seperti ke masing-masing website perusahaan asuransinya sendiri.

 

Ketentuan Premi Asuransi Kendaraan Bermotor

Sebagai pemilik kendaraan, adalah sesuatu yang lumrah jika Anda ingin mendapatkan asuransi dengan beban premi murah, namun layanan berkualitas. Tapi, penentuan premi asuransi ternyata tidak hanya ditentukan oleh hal di atas, ada beberapa faktor yang menentukan premi asuransi kendaraan, di antaranya:

  • Bergantung pada jenis jaminan asuransi yang dipilih, apakah berupa jaminan TLO atau all risk, jaminan komprehensif, atau jaminan kerugian total.
  • Bergantung pada jenis kendaraan yang diasuransikan, apakah kendaraan roda dua atau kendaraan roda 4.
  • Berapa besar harga kendaraan juga menentukan jumlah premi yang harus dibayarkan.
  • Terakhir, faktor penentu besaran premi adalah penggunaan kendaraan.

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK per tanggal 1 Maret 2014 silam sudah menetapkan batas maksimal dan batas minimal premi kendaraan yang mesti dibayarkan. Tujuan diseragamkannya premi ini demi menghindarkan perang premi dari berbagai perusahaan.

Baca juga: Pentingnya Rajin Cek Asuransi Mobil Saat Musim Liburan

 

Syarat, Dokumen Pendaftaran, dan Dokumen Klaim yang Dibutuhkan

Supaya kendaraan Anda bisa terdaftar sebagai penerima asuransi dana tunai kendaraan bermotor, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, di antaranya:

  • Usia pemohon sekaligus pemilik kendaraan harus di atas 17 tahun.
  • Wajib melengkapi dokumen berupa SIM dan STNK yang masih berlaku.
  • Status kepemilikan kendaraan sebagai alat untuk mengajukan asuransi yang disetujui hukum.
  • Kendaraan bersifat legal dan tidak mengalami masalah hukum apa pun.

Syarat di atas hanyalah syarat umum yang harus Anda penuhi. Sementara itu, lebih detail lagi beragam dokumen yang harus dilengkapi untuk mendaftarkan asuransi kendaraan adalah:

  • Fotokopi atau scan KTP.
  • Fotokopi atau scan SIM.
  • Fotokopi atau scan STNK.
  • Foto kendaraan jika diperlukan.

Ketika Anda ingin mencairkan uang dari jaminan dana tunai kendaraan bermotor, hal tersebut tidak bisa langsung saja mudah dilakukan. Ada beberapa dokumen yang menjadi syarat, di antaranya:

  1. Laporan yang menyatakan bahwa kendaraan Anda mengalami kecelakaan.
  2. Polis asuransi yang difotokopi.
  3. STNK kendaraan dalam bentuk fotokopi.
  4. SIM pengemudi yang difotokopi.
  5. Fotokopi KTP pemohon.
  6. BPKB asli kendaraan Anda.
  7. Faktur kendaraan.
  8. Surat keterangan dari pihak kepolisian.
  9. Kunci kendaraan.
  10. Surat subrogasi.
  11. Surat blokir.

Dari poin ke8 sampai ke-10 diperlukan jika motor dicuri atau hilang.

 

Cara Melakukan Pengajuan Asuransi Kendaraan Bermotor Online

Mengajukan asuransi dana tunai kendaraan bermotor tidak lagi sulit di masa yang sudah serba maju ini. Anda bisa mendaftarkan asuransi kendaraan Anda secara online dengan memenuhi beberapa cara ini:

  • Memasukkan kode kendaraan plat nomor kendaraan daerah Anda.
  • Pada kolom kriteria dan persyaratan mesti diisikan dengan tepat akurat.
  • Lakukan perbandingan sebelum Anda mantap memilih produk kartu kredit.
  • Lakukan pendaftaran dan hubungi customer service jika dirasa memang diperlukan.

Itu dia berbagai hal yang mesti Anda pahami sebelum mengajukan asuransi untuk melindungi kendaraan Anda. Asuransi kendaraan bermotor menawarkan lebih banyak manfaat jika Anda mencari tahunya di https://www.cekaja.com/kredit. Tidak ada yang mengharapkan hal-hal seperti kecelakaan atau pencurian, namun asuransi dana tunai kendaraan bermotor ini menjadi pencegahan penting berbagai kemungkinan buruk tersebut.

Tips Aman Berkendara dengan Asuransi Dana Tunai Kendaraan Bermotor

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *