Mei 2, 2019 Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran bersama Balita

Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran bersama Balita

Momen lebaran memang selalu istimewa dan dinantikan oleh seluruh umat muslim. Apalagi bila Anda punya kebiasaan mudik menjelang lebaran. Simpang siur aturan ganjil genap saat mudik tak menghalangi Anda untuk mudik. Karena Anda bisa memanfaatkan moda transportasi lain seperti kereta api, pesawat terbang, ataupun kapal laut.

Namun, urusan mudik bersama balita sering kali terasa merepotkan bagi para orang tua. Bila Anda memiliki buah hati berusia balita, Anda tentu harus melakukan persiapan ekstra untuk mudik via jalan tol. Jadi, cermati dulu beberapa tips berikut ini agar mudik bersama balita berlangsung lancar:

Berangkat di Malam Hari

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah balita rewel saat mudik adalah berangkat di malam hari. Ketika malam hari, buah hati Anda pasti mengantuk dan tertidur di sepanjang perjalanan. Sehingga Anda dapat mengemudi dengan tenang tanpa terganggu tangisan si kecil.

Balita Duduk di Kursi Tengah

Saat melakukan perjalanan mudik, usahakan agar si kecil duduk di kursi tengah mobil. Agar aktivitas si kecil yang rewel dan menangis tidak mengganggu konsentrasi pengemudi. Kursi tengah mobil biasanya memiliki kapasitas cukup luas. Maka si kecil pun akan merasa lebih nyaman dan leluasa bergerak. Bila perlu, Anda patut memasang car seat untuk meningkatkan keamanan posisi duduk balita.

Menyiapkan Barang-Barang yang Dibutuhkan Anak

Barang-barang kebutuhan anak harus diletakkan dalam satu tas khusus. Usahakan agar posisi tas tersebut mudah dijangkau. Supaya Anda tak kesulitan ketika mencari barang yang dibutuhkan anak. Tempatkan beberapa barang yang selalu dibutuhkan (misalnya popok dan bekal makanan) di bagian depan tas. Sehingga Anda tak perlu lagi membongkar seluruh isi tas ketika ingin mengambilnya.

Memutar Musik atau Film untuk Anak

Kalau tak ingin anak rewel dan sulit dibujuk, Anda bisa memutarkan musik khusus untuk anak di mobil. Anda juga bisa memutar film anak, bila mobil Anda memiliki fasilitas TV portable. Tayangan menarik tersebut akan mengalihkan fokus anak sepanjang perjalanan. Hasilnya, anak jadi lebih tenang selama menyimak sajian musik atau film yang istimewa.

Terakhir, jangan lupa pula menyiapkan bekal makanan dan obat-obatan untuk si kecil. Agar buah hati Anda memperoleh asupan nutrisi yang cukup selama perjalanan mudik. Jangan sampai perjalanan jauh membuat si kecil mudah lelah dan sakit. Si kecil harus merasakan pengalaman mudik yang menyenangkan dan membuatnya tak kapok dengan perjalanan tersebut.

Dan untuk info selengkapnya mengenai pemberlakuan ganjil-genap saat mudik lebaran, bisa cek di https://www.cekaja.com/info/apa-jadinya-kalau-ganjil-genap-diberlakukan-saat-mudik-lebaran/

Satu tanggapan untuk “Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran bersama Balita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *